6 Kali Muslim Bersikap Mendukung Komunitas LGBT

Oleh: Jason Lemon
3 Juli 2017
Sumber: Step Feed

Semua anggota parlemen Muslim Jerman memberi suara mendukung pernikahan sesama jenis.

Muslim LGBT di London Pride

Kaum Islamofobia dan para pemimpin sayap kanan di Barat kerap menyerang Muslim atas perlakuan mereka terhadap kaum wanita dan komunitas LGBT. Ironinya, bahwa banyak dari tokoh-tokoh ini sendiri memperjuangkan kebijakan yang menindas kedua kelompok.

Meski sah untuk mengatakan bahwa kaum wanita dan komunitas LGBT menghadapi hambatan signifikan di banyak negara mayoritas Muslim, hal yang sama dapat dikatakan untuk negara-negara di seluruh dunia, tak peduli afiliasi keagamaannya.

Kenyataannya, banyak pemimpin dan aktivis Muslim berada di garis terdepan menggalakkan penerimaan terhadap dan kesetaraan hak bagi komunitas LGBT. Berikut adalah beberapa contoh utama.

1. Semua anggota parlemen Muslim Jerman memberi suara mendukung pernikahan sesama jenis

Pada hari Jumat, parlemen Jerman mengadakan voting di mana mayoritas melegalkan sepenuhnya pernikahan sesama jenis, memberi pasangan homoseksual hak yang setara dengan heteroseksual.

Sementara Kanselir Angela Merkel, yang memimpin partai berkuasa Christian Democrats Union, memberi suara menentang keputusan, keenam anggota parlemen Muslim Jerman memberi suara mendukung legislasi tersebut.

Meski Merkel dijuluki “pemimpin dunia bebas” pasca terpilihnya Presiden Donald Trump di AS, ternyata para politisi Muslim di negaranya lebih mendukung komunitas LGBT dibandingkan dirinya.

2. Walikota Muslim London berpawai dalam parade Gay Pride di kota itu

Sewaktu London’s Pride 2016, walikota Muslim yang baru terpilih, Sadiq Khan, menunjukkan dukungan tegasnya untuk komunitas LGBT Inggris dengan memimpin parade bangga gay tahunan di kotanya.

Tahun ini, Khan memberi dukungan untuk sebuah inisiatif yang mempersatukan orang-orang LGBT dan komunitas Muslim pada bulan Ramadan untuk iftar istimewa.

“LGBT+komunitas ala London adalah salah satu yang terbesar di dunia, dan saya bangga memimpin pawai Pride tahun lalu dan menjadi walikota sebuah kota yang bukan hanya bertoleransi dengan kebhinnekaan tapi betul-betul merangkul dan merayakannya,” kata Khan.

“Parade Pride tahun ini dalam program London mencerminkan spektrum utuh LGBT+komunitas di ibukota ini dan saya mendesak semua warga London membenamkan diri dalam perayaan-perayaannya,” tuturnya.

3. Aktivis Muslim Linda Sarsour vokal berpihak pada komunitas LGBT

Sebagai aktivis Muslim terkemuka di AS, Linda Sarsour menjadi terkenal berkat penentangannya tetrhadap agenda Islamofobia Presiden Donald Trump.

Tapi Sarsour juga vokal dan aktif memberi dukungan untuk komunitas lain yang merasa terancam oleh kebijakan Trump.

“Saya minta kalian berdiri dan terus melantangkan suara kalian untuk wanita Kulit Hitam, untuk wanita pribumi, untuk wanita tanpa dokumen, untuk komunitas LGBTQ, untuk penyandang cacat,” kata Sarsour pada waktu pidatonya dalam Women’s March yang bersejarah di Washington DC bulan Januari.

Pasca penembakan masal di sebuah klab malam gay di Florida, yang diklaim oleh Islamic State, Sarsour menyuarakan dukungan untuk komunitas LGBT dengan mencuit: “Hati remuk berkeping-keping. Sampaikan cinta untuk komunitas LGBTQ.”

4. Muslim anggota kongres Amerika pertama adalah penyokong hak-hak LGBT yang tak kenal lelah

Keith Ellison adalah Muslim pertama yang terpilih ke Kongres AS dan masih salah satu dari dua Muslim saja yang mengabdi di badan legislatif tersebut.

Sepanjang masa jabatannya, yang dimulai pada 2007, Ellison merupakan pendukung kuat komunitas LGBT.

“Keith adalah penyokong tak kenal lelah untuk kesetaraan hak azasi manusia dan hak sipil bagi kaum gay, lesbian, biseksual, dan transgender. Keith percaya pada perluasan hak pernikahan dan tanggungjawab pernikahan ke pasangan sesama jenis dan membuat pernikahan tersebut diakui oleh negara-negara bagian lain dan pemerintah federal,” kata situs resmi sang politisi.

Sama halnya, Andre Carson, Muslim lain yang terpilih ke Kongress, juga merupakan pendukung kuat komunitas LGBT.
“Tak seorangpun boleh didiskriminasi atau diingkari dari pelayanan berdasarkan siapa mereka atau siapa yang mereka cintai,” kata Carson pada 2015.

5. Seorang imam Muslim menyelenggarakan pernikahan gay di Prancis sebelum negara melegalkannya

Imam Ludovic Mohamed Zahed

Pada 2012, sebelum Prancis resmi melegalkan pernikahan sesama jenis di tahun 2013, seorang imam menyelenggarakan pemberkatan untuk menikahkan dua pria gay di Paris.

Ludovic Mohamed Zahed keturunan Prancis-Aljazair dan pasangannya, Qiyam al-Din, menjadi sejoli gay pertama di Prancis yang menikah dalam upacara keagamaan Muslim. Zahed, yang juga imam dan cendekiawan, menemukan sebuah masjid “ramah gay” dan inklusif gender.

Zahed berargumen bahwa penolakan terhadap Muslim LGBT adalah “hal modern dan baru dalam Islam”, menurut The Independent.

“Itu tak ada kaitan dengan Islam sebagai spiritualitas, karena tradisi kami jauh lebih damai dalam berurusan dengan seksualitas dan identitas gender,” katanya.

6. Seniman penghibur Muslim meningkatkan kesadaran [isu LGBT]

Hamed Sinno (kiri) dan Amin El Gamal (kanan)

Mashrou’ Leila, band indie asal Lebanon, menjadi tajuk utama di seluruh dunia berkat sikapnya yang pro-LGBT dan penyanyi utamanya yang terang-terangan gay, Hamed Sinno.

Demikian pula, para aktor Muslim LGBT seperti Amin El Gamal keturunan Mesir-Amerika (Prison Break) dan Amrou Al-Kadhi keturunan Irak-Inggris bersikap vokal dalam meningkatkan kesadaran tentang komunitas mereka yang berpotongan.

Aktor Muslim Amerika Mahershala Ali juga membuktikan bahwa afiliasi keagamaannya tidak bertentangan dengan penerimaannya terhadap komunitas LGBT usai membintangi Moonlight dan memenangkan Academy Award for Best Actor atas perannya. Plot film itu berkisar pada seorang pria gay kulit hitam yang sedang akil baligh.

Advertisements

One thought on “6 Kali Muslim Bersikap Mendukung Komunitas LGBT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.